Nekat ke Jepang (One of My Dream Came True)

By 5:37 AM , , , ,


Halo gais, maaf baru sempat posting lagi. Kali ini aku akan cerita sedikit tentang short trip aku dan beberapa teman-temanku ke Jepang. Inget banget waktu awal tahun 2015 baca-baca blog orang trus join grup backpackeran ke Jepang, dari yang awalnya antusias nyimak terus rencana temen-temen di grup, sampai akhirnya aku memutuskan untuk ga mau lagi ke Jepang, dengan alasan sayang uangnya hehhee karena saat itu bukan jalan-jalan prioritasku. Ehhhh, yang namanya mimpi, tapi udah rejeki ya ga akan kemana. hehhehehee. Mimpi aja gais setinggi-tingginya, sambil doa dan berusaha. Kalau udah waktunya dan emang rejeki, akan dikasih di waktu yang ga pernah akan kita duga.
Pada hari baik itu, aku dihubungi Rahma temen ex.kantor ku dulu. Dia bilang Bu Etta (Ibu Direktur) ngajak aku ke Jepang, spontan aku kaget, yaiyalah aku kan udah resign masa iya aku diajak?? tp Rahma jelasin a sampai z dan Ibu bilang nanti yang berangkat hanya ber empat Rahma, Mba Ade, Intan dan aku tapi Ibu maunya kita ga pake paket tour. Intinya kita disuruh arrange sendiri dan kalau bisa low bugdet, Ibu nanti mau nyediain JR pass juga buat disananya. Dia nanya aku bisa dan mau atau enggak? yaaaaa...jelas aku iyakan hehhee Alhamdulillah rejeki anak salihah. Terimakasih ya Allah, Terimakasih Ibu 💖 Makasih Intan, Mba Ade, Ama udah inget sama Uma 💖.
Singkat cerita, kami akhirnya berangkat tgl 29 Agustus 2017, selang 3 minggu setelah aku dihubungi dan visa nya jadi. Aku bilang ini tergolong nekat, kenapa nekat? karena preparations kami ga kaya orang-orang lain, yang jauh-jauh hari udah nabung, udah arrange tiket and akomodasi, terus bikin itin sama estimasi budget. Kita? enggakk sama sekali, kita denger mau diberangkatin aja senengnya bukan main, ga mikir nanti disanannya gimana. Fyi, kita pakai sistem koboi karena tiket dan akomodasi baru di issued H-1. Hahhahaha epic banget sih ini. (Special thanks buat Intan, Ama sama Mba Ade yang arrange tiket dan penginapannya, kalian the best!!!!) Oiya, kami berangkat dengan rute Jakarta-Hongkong-Kansai dan pulang dengan rute Kansai-Taiwan-Hongkong-Jakarta (Lol) ini transit terrrrrniat soalnya kita sekalian jalan-jalan sih hehehhee. Dalam hati sebelum masuk immigrasi  di Soeta, cuma bilang "Ya Allah semoga perjalanan lancar, balik dengan selamat" udah itu aja, padahal kita ber-4 udah pasrah bekel juga cuma seadanya.

Day 1 Jakarta-Hongkong (with CX776 DEP 13:45 WIB ARR 20:40 Waktu HKG)

Kami berangkat sore dan sampai Hongkong udah malem banget, tapi walaupun udah malem, 10 jam transit itu ga mau kami sia-sia kan. Alhasil kami memutuskan untuk keluar dengan menggunakan MTR tiketnya relatif lumayan mahal, tapi lebih cepat sih daripada naik bus klaim nya sih "the fastest link to the city". Oiya, pemegang passport Indonesia ga perlu pakai visa ya gais kalau mau keluar bandara dalam rangka transit, isi arrival form aja trus keluar deh lewat imigrasi, petugasnya langsung kasih kaya kertas kecil gitu tapi ga ditempel di passport kita. lanjutttt ya...MTR itu jalurnya Asia World Expo-HKG Airport-Tsing Yi-Kowloon- dan terakhir Hongkong City. Sesampainya di Hongkong, kita berbarengan sama orang-orang pulang kantor hmm rajin-rajin amat ya mereka jam segitu baru pulang, kalau store-storenya udah pada tutup sih rata-rata hehhee kecuali McD, sama kios-kios swalayan gitu. And guess what??? kami akhirnya mendarat di McD dan cari yang aman-aman aja, toh niatnya kita cuma jalan-jalan menikmati city view. Setelah jalan-jalan kami pulang deh ke bandara dan kami bermalam disana. Buat yang mau tau kondisi HKG Aiport, fasilitas-fasilitas dan nyaman atau enggaknya untuk transit bisa cek disini ya.

Day 2 Hongkong-Kansai (with CX594 DEP 08:00 am ARR 12.25 pm waktu Jepang)


Yaaayyyy akhirnya sampai juga ke destinasi utama aku langsung ganti mode hehehe Norak Mode On. mendarat di Kansai, kami langsung menuju counter Japan Rail untuk menukar slip pembayaran JR pass dengan sejenis passport kecil nya JR Pass, plus minta tiket train ke Shin-Osaka lanjut ke Tokyo. Kenapa minta? karena kalau udah beli JR-Pass yang Ordinary 7 days, kita ga perlu bayar lagi untuk semua tiket selama di Jepang asalkan masih dalam jaringan JR. JR pas untuk 7 hari harganya 29110 Yen kalau di IDR 3,5 jt tp honestly...kami ga bakal bisa hidup tanpa itu si JR pass hhehehe. Worth it ga? kalau menurut aku worth it banget apalagi buat 7 hari dan itu bisa kita pake seenak jidat dari ujung ke ujung. Mahal? iya sih cuma kan karena dibayarin ya asik-asik aja. Tapi kalau kalian cek ongkos disana emang mahal gais, terkadang lebih mahal ongkos daripada jajan makan nasi kotak di 7eleven. Tapi kalau kalian cuma mau ke beberapa spot aja ga perlu beli JR pass gpp kok, ini kami karena pertimbangan pengen sehari bisa ke 2 atau 3 kota sih dan emang Ibu mau kita aman di transport.
Loket tuker JR Pass
Full Team di Haruka Shinkansen Kansai to Shin-Osaka
JR Pass
Nah lanjut ya, awal-awal sampe di Kansai, trus ke Osaka sih masih agak ga terlalu syokkkk ya, tap i begitu sampe di Tokyo..aduhhh...pas jam balik kantor gaisss...itu orang jalan udah kaya semut diumbar :( kita harus fokus jalan kalo engk kita bakal nabrak orang saking itu jam-jam sibuk buat mereka. Kebetulan kita nginepnya di Denenchofu jadi dari Tokyo kita lanjut lagi naik train ke Meguro station trus nyambung lagi tapi ada yang yg bukan JR line gais, kami nyambung lagi pake Meguro Line turun di Denenchofu Station, nah ini kami harus bayar, beli tiket di mesinnya, harganya lupa sih tapi kalian bisa cek dari Google Map harganya 160 Yen. Pokoknya pakai Google Maps aja udah pasti anti nyasar deh.

Sampai di Denenchofu, kesan pertama aku amaze banget sama daerah itu, rapih!!!!!! jarang ada sampah dan walaupun agak jauh dari Tokyo 20 km an lah (sama kaya Jogja-Klaten atau Jakpus ke Bekasi), lebih amaze lagi malem ada perbaikan jalan, pagi nya udah selesai rapih pula 👏warrrbyasahhhh.
Didepan Denenchofu Station

Untuk sampai ke penginapan juga ga jauh, kita jalan kaki 700 m an lah kurang lebih. Penginapannya kami dapat di Air BnB yang punya namanya Yosuke, ramah parah orangnya, penginapannya bentuknya semacam rumah susun kecil gitu dengan 1 kamar, dapur komplit sepiring dan gelas-gelasnya ada microwave, alat grill sama kulkas dan 1 kamar mandi pokoknya rumah ini nyamaaaaaaaaaannnnnn banget. Model-model tata ruangnya Jepang banget, karena pintu kamarnya sliding trus kasurnya kasur lipet kaya punya Nobita 😄  ya walaupun ada ranjang bertingkatnya tapi itu ga dipakai lagi karena lebih enak tidur dibawah sensasi bobo ala Nobita dan Doraemon. Oiya untuk ratenya sekitar 600rb per malamnya udah bisa buat ber 4 bahkan ber 6 juga bisa, sama satu lagi, wifi gratis dan boleh dibawa kemana-mana asal ga dibawa balik ke Indonesia. Pokoknya rumah Babang Yosuke juarakkkkk!!!! sangat rekomen banget terutama yang suka istirahat di tempat yang ga bising. Kalau di Tokyo sudah dipastikan harga segitu ga bisa dapet yang seeee komplit dan senyaman itu. Aku ga punya fotonya tapi ada videonya, nanti aku share hehhhee.

Ini kontak Yosuke kalau misal ada yang mau:
2-39-7 Higashitamagawa, Setagaya Ward, Tokyo, Ozawa Building Room 301 (3rd Floor)
Phone Number: 08012910070

hari Ke-2 ini lebih kami pakai untuk istirahat sih, jadi belum kemana-mana. Untuk lanjutan ceritanya di part 2 ya.




You Might Also Like

1 comments