Smart travelling Tips: Jalan-Jalan ke 2 negara dalam waktu singkat

By 8:07 AM , , , ,

Hello again...

Sebelum saya kasih tipsnya, ini sedikit cerita dulu ya...Alhamdulillah kemarin kami sekeluarga backpacking ke 2 negara tetangga yaitu Kuala Lumpur dan Singapura (4d3n). kebetulan kami ambil paket AirasiaGo, jd tiket pp plus hotel sudah aman. Selepas shalat Ied dan kumpul keluarga besar kami pun segera menuju Bandara Soekarno Hatta Term 3 dengan penerbangan pukul sore menuju KL, semalam menginap di KL, dan besoknya sudah harus berkemas dan menuju Singapura, kami memilih jalur darat karena bisa bermalam dijalan, lumayan bisa ngurangi jatah bayar hotel 1 malam. Keesokan harinya sampai di SIN, kami check in hotel (early check in) karena sampai di singapura masih sekitar jam 4 pagi, itupun harus menunggu sampai jam 9 pagi baru bisa masuk, bisa sambil sarapan dulu, check in hotel kemudian istirahat, siangnya explore SIN, dan keesokan harinya bertolak ke KL lagi dan lanjut ke JKT. Detail cerita bisa klik disini.

Tips travelling ke 2 negara dalam waktu singkat:

1. Planning
Sebelum booking tiket, hotel dan lain2nya alangkah baiknya kita membuat sebuah planning, ya walaupun backpacker tapi ga harus gambling juga kan? Lalu apa saja yang harus kita planning? Pertama kita tentukan tujuan misal KL dan Singapura, kedua kita harus tentukan berapa hari disana, ini menentukan nasib or kelangsungan hidup kita yang berhubungan dengan cuti dan uang operasional hehehehe. Ketiga, kita cek hotel/penginapan dan flight ke negara tujuan. perbanyak searching dan info dari travel blogger atau baca2 buku petunjuk perjalanan dan cermati segala sesuatu dengan detil (kurs, nama jalan, moda transportasi dan budgetnya, list tempat2 tujuan, dan lama perjalanan (estimasi pake g maps juga bisa)

2. Booking Flight & Hotel
Setelah melalui fase diatas, pengetahuan akan negara tujuan pasti akan lebih banyak, sehingga akan memudahkan kita untuk menentukan jam penerbangan dan lokasi hotel. Tapi biasanya sih booking dulu ya baru habis itu planning, soalnya pepatah mengatakan "Kalo ga di booking n issued pasti ga akan jadi-jadi, ya kan?"( pepatah mana itu ya???) hehhe.
Untuk flight silakan memilih pp atau oneway dan return dari negara tujuan terakhir, ini bisa kita sesuaikan dengan budget kita, misal tiket pp KL+tiket pp KL-SIN lebih murah dibanding tiket JKT-KL kemudian SIN-JKT, maka pilihlah yang lebih murah. Tapi kalau kepaut sedikit, saya saranin pilih option ke 2 karena cape lho bulak balik ke negara orang cuma numpang lewat, lebih baik jadwal disatu negara dituntaskan pada saat itu juga so, ketika kita ke negara tujuan selanjutnya kita bisa langsung pulang, or kalo kita punya banyak waktu, bisa juga balik lagi menginap di negara tujuan awal. Pokoknya ga rekomen buat transit apalagi beda airlines (walaupun dalam satu terminal tapi belum tentu lho check in counter sm depature gate nya dekat dengan arrival gate kita). 

Untuk hotel, jgn gambling juga apalagi kalau bawa keluarga or beramai-ramai dan high season pula, lebih baik booking dari awal, kenapa? Pertama, kalo high season pasti banyak yang full, kedua kalo beramai-ramai biasanya ga semua sependapat, ujungnya malah doubleR alias ribut n ribet kalo blm dapet hotel dan secara otomatis emosi pasti akan susah dikendalikan. Kalo cuma ber 2 or ber 4 maksimal sih biasanya masih cingcai ya.

memilih hotel pun harus smart, dari segi lokasi, jangkauan public transport, harga, dan fasilitas. Jangan sekedar murah tapi tempatnya diujung sana, dan susah transportnya, ini malah akan membengkakan uang operasionalnya. dari fasilitasnya kita cek juga, apa saja misal yang biasanya jd incaran adalah, free breakfast n wifi. Nah kalo keduanya free..lebih bagus nihh. Tapi kalo engk, ya ga masalah, bisa beli makanan diluar dan bisa numpang wifi gratis di coffee shop atau tempat umum lainnya.

3. Prepare Itinerary
Nah sesudah booking flight, hotel dan menentukan tempat2 kunjungan, kita rangkai perjalanan kita dalam sebuah catatan (ini agak lebay ya bahasanya) tapi ini penting lho, buat itin..so kita jadi lebih aware sama waktu. Oiya, ketika bikin itin kita juga harus kasih disitu moda transport yang akan kita gunakan beserta perkiraan biayanya. Bikin itinnya harus rinci ya, perkiraan waktunya.

4. Prepare Uang Saku
Dalam hal ini, kita juga perlu nge-list kebutuhan kita, contoh budget makan, transport yg dari itin, trus kalo bisa buget penginapan, budget belanja, and operasional harian dipisah. Biar lebih aman aja n ga kalap 😊😊😊

Kalo udah 4 step itu sih, saya rasa aman ya, tinggal cussss...hehehhee

Semoga tulisan ini bermanfaat ya, ini juga  sebenarnya koreksian dari pengalaman trip kemarin. Selamat berpetualang ya.


You Might Also Like

2 comments

  1. pin bb bisa ? kalo ga wa juga boleh ..
    29D1fe60
    fancho_brigatista@yahoo.com (081906040278) wa
    jadi kawan lebih baik dari pada ga di coba sama sekali.

    ReplyDelete
  2. kak, waktu booking pake airasia go berarti dihitung perorang ya kamar hotelnya? klo pergi ber 3 sama anak kecil, apakah tetep dihitung sama juga? bisa gak ambil roomnya 1 aja dishare.
    tx

    ReplyDelete