Hipoglikemia "Penyakit Langganan di Bulan Puasa"

By 9:25 PM



Assalamualaikum,

Apa kabar puasanya? baik? jangan tumbang ya seperti aku. hehehe..

yaph..kali ini aku mau share tentang penyakit yang membuatku tumbang dan menghambat puasaku :(


"Hipoglikemia"


itu bahasa dewa nya hehe..kalau bahasa umumnya adalah gula darah rendah, beda sama tekanan darah rendah ya, kalau Hipoglikemia itu kadar gula dalam darah kita sangat sedikit. Seseorang dapat dikatakan Hipoglikemia jika kadar gula dalam darahnya dibawah kadar normal yaitu 70-110 mg/dl. Kemarin aku tumbang, dan tepatnya pingsan di salah satu mall sewaktu hunting baju sama Ibu, Om dan adikku. hehe jadi malu. Sadar-sadar udah di rumah sakit deket rumah, itu juga karena jarum infus yang gagal masuk ke tangan kiri ku, dan akhirnya dicabut lalu dipindah ke tangan kanan :( *sakit pas ditusuknya sih ga seberapa tapi bekasnya yang gagal itu jadi senat-senut dan membiru bin bengkak sampai sekarang.

Setelah sekitar beberapa jam menunggu, akhirnya dokternya masuk ke ruangan ku dan mempresentasikan hasil lab. Satu kata yang disebut yaitu Hipoglikemia seperti yang aku sebutkan tadi. Dokter bilang kadar gula darah ku 60 mg/dl dan itu dibawah normal. Kata dokter, kadar gula dalam darah sedikit berkurang dapat menyebabkan pusing, kalau dibiarkan terus menerus bisa berbahaya kalau yang ringan dapat menyebabkan seperti: pandangan kabur, cepat merasa lapar, mudah cemas dan detak jantung berdebar-debar. Sedangkan yang sudah parah, bisa sampai pingsan, kejang-kejang, koma dalam waktu yang lama, dan bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat. Haduh serem amat.

Nah, fyi..padahal waktu buka aku sudah makan kurma & teh manis dan makan nasi pula, Lalu mengapa???

Kata dokter, bisa jadi karena aku stress, sering melawatkan waktu makan, dan hanya makan makanan yang mengandung karbohidrat. Katanya walaupun karbohidrat itu mengandung gula, namun gula dalam karbohidrat itu bersifat cepat digunakan dalam metabolisme tubuh sehingga ga bertahan lama. Oleh karena itu, kita perlu juga makan makanan dan minuman yang manis-manis terutama ketika sahur dan berbuka puasa. Tapi jangan berlebihan juga, bisa-bisa kena penyakit gula.

Beberapa cara mengobati Hipoglikemia (Menurut www.sehatkan.com):
  1. Hindari alkohol/soda
  2. Kurangi makanan yang mengadung terlalu banyak karbohidrat
  3. Atur waktu dan pola makan
  4. Banyak konsumsi makanan berserat alami
  5. Minum susu, karena susu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara cepat
  6. Olahraga ringan dan jangan terlalu berat
  7. Beristirahat dengan teratur
Nah, teman-teman bagaimana? semoga post ku yang satu ini bisa bermanfaat ya..tetap jaga kondisi dan makan makanan bergizi, imbangi kebutuhan tubuh juga terutama di bulan suci ini, agar puasa kita lancar.



You Might Also Like

0 comments